Sabtu, 23 Februari 2013

ETIKA

Etika Bertelepon Etika bertelepon yang harus diperhatikan secara umum, antara lain:
•Mengangkat dengan segera bila telepon berdering. 
• Memperkenalkan diri terlebih dahulu bila menerima atau menghubungi seseorang melalui telepon. •Menggunakan bahasa yang formal, baik, sopan, dan tepat. 
• Berbicara dengan jelas, ramah, dan menyenangkan. 
• Bertanya dengan bijaksana. 
• Mencatat pesan atau pembicaraan 
• Mengucapkan terima kasih dan salam pada bagian akhir pembicaraan. 
• Meletakkan ganggang telepon dengan pelan. 

Etika bertelepon harus diperhatikan secara khusus, antara lain: 
o Sebaiknya menggunakan bahasa yang resmi, terutama kepada orang yang belum akrab atau belum mengetahui identitas orang yang berbicara di telepon. 
o Tidak berbicara dengan orang lain selagi berbicara di telepon. 
o Berbicara tidak terlalu basa-basi. 
o Tidak berbicara kasar apalagi membentak. 
o Janganlah berbicara dengan nada memerintah. 
o Jangan membiarkan penelepon menunggu terlalu lama, tanpa penjelasan, hanya terdengar bunyi music. 
o Tidak mentransfer berkali-kali apalagi ditransfer ke alamat yang keliru. 
o Nada dan intonasi tidak terkesan malas atau tidak ramah. 
o Sampaikanlah pesan kepada orang yang dituju penelepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar