Etika Bertelepon Etika bertelepon yang harus diperhatikan secara umum, antara lain:
•Mengangkat dengan segera bila telepon berdering.
•
Memperkenalkan diri terlebih dahulu bila menerima atau menghubungi
seseorang melalui telepon. •Menggunakan bahasa yang formal, baik, sopan,
dan tepat.
• Berbicara dengan jelas, ramah, dan menyenangkan.
• Bertanya dengan bijaksana.
• Mencatat pesan atau pembicaraan
• Mengucapkan terima kasih dan salam pada bagian akhir pembicaraan.
• Meletakkan ganggang telepon dengan pelan.
Etika bertelepon harus diperhatikan secara khusus, antara lain:
o
Sebaiknya menggunakan bahasa yang resmi, terutama kepada orang yang
belum akrab atau belum mengetahui identitas orang yang berbicara di
telepon.
o Tidak berbicara dengan orang lain selagi berbicara di telepon.
o Berbicara tidak terlalu basa-basi.
o Tidak berbicara kasar apalagi membentak.
o Janganlah berbicara dengan nada memerintah.
o Jangan membiarkan penelepon menunggu terlalu lama, tanpa penjelasan, hanya terdengar bunyi music.
o Tidak mentransfer berkali-kali apalagi ditransfer ke alamat yang keliru.
o Nada dan intonasi tidak terkesan malas atau tidak ramah.
o Sampaikanlah pesan kepada orang yang dituju penelepon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar