PROFESI SEKRETARIS YANG PROFESIONAL DAN BERORIENTASI GLOBAL
Profesi sekretaris sudah
dikenal dalam dunia usaha di setiap perkantoran. Sekretaris sangat dibutuhkan
untuk menangani arsip, urusan skeduling,
surat menyurat urusan administrasi kantor sampai urusan pribadi
pimpinan.
Sekretaris haruslah
professional dimana mereka mampu berperan sebagai asisten bagian administrasi,
sekretaris eksekutif ataupun manager kantor karena mereka memiliki keterampilan
yang prima dan juga berorientasi global dari pada fokus pada tugas kerja rutin yang telah ditetapkan.
Selain memiliki keterampilan dasar yang sempurna (skill) para pimpinan
menginginkan sekretarisnya mempunyai attitude yang baik pula, memiliki
pengetahuan yang luas dan kreatif serta memiliki pemahaman yang tepat akan pekerjaannya.
Pentingnya peran sekretaris disetiap perusahaan membuat seorang sekretaris
harus terus meningkatkan kemampuannya untuk tetap bisa berperan terus menjadi
tangan kanan pimpinan, Public Realition dan segala aspek yang berkenaan dengan
tugasnya dalam membantu pimpinannya menjalankan roda perusahaan agar perusahaan
tetap bisa berjalan dengan baik di dunia bisnis yang semakin sengit
persaingannya.
Pada era ekonomi global
dengan tingkat teknologi tinggi, para manajer memerlukan dukungan yang besar
dari para bawahan mereka untuk mengontrol sistem yang baru. Para pimpinan
perusahaan dituntutuntuk melengkapi diri dengan sederet kemampuan untuk berpacu
dengan percepatan perubahan dalam dunia bisnis, sebagai penyeimbang terhadap berbagai kemudahan yang disediakan oleh kemajuan teknologi.
Sedangkan kondisi dari para pengusaha pada saat ini harus menyesuaikan ddiri
dan memperluas wawasan.
Fungsi dan peranan
sekretaris semakin dibutuhkan oleh para manajer. Para manajer dalam
memanfaatkan waktunya lebih konsentrasi pada tugas manajerial mereka yang penuh
tantangan dan segala pekerjaan staf didelegasikan kepada sekretaris mereka.
Sebagai konsekuensi logis sekretaris pun akan menghadapi tantangan yang berat.
Peran-peran sekretaris konvensional yang bersifat administratif dan klerikal
sebagian besar telah tergantikan oleh perangkat teknologi informasi.
Oleh karena itu tingkat
kompetensi sekretaris menjadi mutlak untuk ditingkatkan sebagai pendukung
kinerja para pimpinan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar